Rabu, 05 November 2014

TOKOH PEMIMPIN BESAR PHARAOH RAMSES II



 PHARAOH RAMSES II

 
1.      Riwayat singkat

a.       Kebangsaaan                           : Mesir
b.      Tanggal lahir                            : 1303 SM
c.       Tanggal wafat                          : 1213 SM
d.      Nama ayah                               : Seti 1
e.       Nama ibu                                 : Ratu Tuya
f.       Nama istri                                : Henutmire, Isetnofret, Nefertari, Maathorneferure
g.      Nama anak                               : Khaemweset, Merneptah, Amun-her-khepsef, Meritamen
h.      Masa jabatan                            : 1279–1213 SM (Dinasti ke 19)
i.        Makam                                     : KV 7
j.        Monument :                             : Abu Simbel, Abydos, Ramesseum, Luxor dan Karnak      

2.      Autobiografi 

Ramses II

Ramses II (juga disebut Ramses yang Agung; bahasa Inggris: Ramesses II) adalah firaun Mesir ketiga yang berasal dari dinasti ke-19. Ia sering dianggap sebagai firaun terbesar dan terkuat dalam sejarah Mesir Kuno. Sebagai firaun, Ramses II memimpin beberapa ekspedisi ke Israel, Lebanon dan Suriah. Ia juga memimpin ekspedisi ke Nubia.

Pada awal kekuasaannya, ia fokus dalam pembangunan kota, kuil dan monumen. Ramses II mendirikan kota Pi-Ramesses di Delta Sungai Nil sebagai ibukota barunya dan basis utama untuk kampanye militernya di Suriah.

Serangan ke Yerusalem


Pada inskripsi yang ada pada Ramesseum di Thebes, yaitu pylon sebelah utara, terdapat teks berbunyi:
"Kota yang dijarah oleh raja (Ramses II) pada tahun ke-8 - Shalem"

"Shalem" merupakan nama kuno kota Yerusalem. Berdasarkan Kronologi Baru maka dapat dihitung bahwa tahun ke-8 pemerintahan Firaun Ramses II jatuh pada tahun 925 SM Kenneth Kitchen, profesor sejarah Mesir yang terkenal, memastikan bahwa Ramses II memang pernah ke Yerusalem.

Ramses II


Raja ramses II memang memiliki puluhan istri, diantara puluhan istri tersebut yang paling disayang adalah Nefetari yang merupakan cinta pertama ramses II ketika berusia 15 tahun. Lalu pada suatu hari Ramses II mengambil beberapa selir lagi sampai berjumlah puluhan  orang sehingga memiliki 156 anak terdiri dari 96 anak laki-laki dan 60 anak perempuan.

Setelah 30 tahun berkuasa, ramses II mengangkat dirinya sebagai tuhan bagi masyarakat mesir. Ramses 2 adalah firaun terbesar sepanjang sejarah mesir kuno yang merupakan Raja ketiga dalam dinasti ke 19 kerajaaan mesir kuno dan karena hal itu ramses II digelari oleh para ahli sebagai Firaun The Great dalam masa pemerintahan ramses II yang sangat panjang , yaitu 67 tahun dari tahun 1297 hingga 1213 SM. Ramses  meninggal dalam umur 97 tahun setelah sakit keras dan akhirnya kalah oleh usia.

Anak Ramses bernama Memeptah

Memeptah adalah anak laki-laki dari ramses II yang kemudian dia angkat sebagai pewaris tahta dari hasil buah perkawinannya dengan nefetari. Memeptah kemudian digembleng secara militer oleh ramses II dan menjadi panglima perang pada akhir kekuasaan ayahnya. Memeptah berkuasa sekitar 36-40 tahun.


  
3.      Analisis kepemimpinan


Gaya Kepemimpinan

           PHARAOH RAMSES II adalah seorang pemimpin dengan gaya kepemimpinan otoriter karena dilihat dalam sejarahnya pemimpin ini melakukan beberapa pengaruh yang luas terhadap rakyatnya dan juga mengendalikan rakyatnya bahkan setelah 30 tahun berkuasa, ramses II mengangkat dirinya sebagai tuhan bagi masyarakat mesir.

Sistem Kepemimpinan

              Sistem Kepemimpinan Pharaoh Ramses ini menggunakan sitem kepemimpinan otokratis eksploitif, karena dia pada masa kepemimpinannya Ramses ini terpacu pada ancaman dan hukuman yang akan diberikan kepada rakyatnya apabila keputusan peraturan yang dia buat tidak dapat diterima oleh rakyatnya. Selain itu juga Ramses II memimpin beberapa ekspedisi ke Israel, Lebanon dan Suriah. Ia juga memimpin ekspedisi ke Nubia, dengan memerintahkan seluruh pasukannya untuk melakukan ekspedisi, dan bersiap untuk melakukan penyerangan dibawah ancaman dan paksaan oleh pemimpin Ramses kepada para prajuritnya.

Tindakan Pengambilan Keputusan

Pada awal kekuasaannya Pharaoh Ramses dalam mengambil keputusan dia, selalu fokus dalam pembangunan kota, kuil dan monumen. Ramses II mendirikan kota Pi-Ramesses di Delta Sungai Nil sebagai ibukota barunya dan basis utama untuk kampanye militernya di Suriah. Hingga Ramses II mendapat julukan sebagai firaun terbesar sepanjang sejarah mesir kuno yang merupakan Raja ketiga dalam dinasti ke 19 kerajaaan mesir kuno dan karena hal itu ramses II digelari oleh para ahli sebagai Firaun The Great dalam masa pemerintahan ramses II yang sangat panjang, yaitu 67 tahun dari tahun 1297 hingga 1213 SM.


4.      Sumber referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar